Rabu, 16 Mei 2012

ORGANIC LOADING

Organic Loading


Organic Loading adalah parameter utama untuk mendesain proses lumpur aktif dan meng-operasikannya.Ada dua jenis parameter untuk organic loading, yaitu F/M (Food to Microorganism Ratio) dan Volumetric BOD Loading.
F/M = (Lf x Qi) / (V x S) ………………. [kg BOD/kg MLSS/hari]
Lf : BOD influen [kg/m3]
Qi : debit influen [m3/hari]
V : volume tangki aerasi [m3]
S :MLSS [kg/m31 MLSS = Mixed Liquor Suspended Solids
Volumetric BOD Loading = (Li x Qi)N .... (kg BOD/m3/hari) Apabila organic loading tinggi, kwalitas efluen menjadi jelek dan excess sludge menjadi banyak.Sedangkan kalau organic loading rendah, kwalitas effluen menjadi baik dan excess sludgenya menjadi sedikit.
Akan tetapi, supaya menurunkan organic,oading, harus diadakan tangki aerasi Iebih hesar dan juga harus memakai lisrik Iebih banyak.
volumetric BOD Loading = (Lf x Qi) / V …… (kg BOD//hari)
gb773
HRT (Hydraulic Retention Time)
Hydraulic Retention Time didefinisikan, rata-rata berapa lama limbah cair yang dimasukkan ke dalam tangki aerasi berada dalam tangki tersebut.HRT = 24V / Qi [jam] Apabila BOD influen, BOD Loading dan MLSS sudah tetap, dengar,sendirinya HRT akan ditetapkan.
Misalnya, kalau debit influen 100 m3/hari, BOD influen 200 ppm dan BOD Loading = 0.3 kg BOD/kg MLSS/hari dan MLSS 3,000 ppm, maka mikroorganisme yang dibutuhkan dalam tangki (Wa kg) aerasi adalah Wa = (0.2 x 100/0.3) = 67 kg
Maka volume tangki aerasi (V m3)yang dibutuhkan adalah: V = 67/3 = 22 m3 Sehingga, HRT menjadi : HRT = 24 x 22/100 = 5,3 jam
Oksigen dibutuhkan (Required Oxygen)
Oksigen yang dibutuhkan untuk reaksi aerobik dalam tangki aerasi bisa dihitung sebagai berikut:
Or=axLr+bxLa
Or = Oksigen dibutuhkan [kg/hari]
Lr = BOD yang dihilangkan [kg/hari]
La = kwantitas lumpur aktif dalam tangki aerasi [kg] a, b = coefficient
Angka biasa a dan b adalah 0.31 – 0.77 dan 0.05 – 0.18 masing masing.Coefficient a dan b dipengaruhi oleh SRT (contoh: gambar 5)
gb774
pH
Biasanya pH yang optimal untuk reaksi !umpur aktif adalah 6 – 8. Nutrient Balance Pada umumnya perbandingan antara BOD, nitrogen dan phosphorous yang optimal untuk proses lumpur aktif adalah BOD : N : P = 100 : 5 : 1
Kalau nutrient balancenya kurang baik, maka kita bisa memperbaiki balance tersebut dengan cara menambah kimia yang mengandung nitrogen atau phosphorous.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar